Tugas 1 Desain Pemodelan Grafik
Nama : Wildan Wajdi Rahman
NPM : 59413289
Kelas : 3IA14
Analisis logo/brand perusahaan :
Nama perusahaan/Brand
Logo Unilever
filosofi :
logo yang di gunakan pada lambang unilever menggunakan berbagai komponen sehingga menjadi satu kesatuan sehingga berbentuk huruf U. Huruf U itu sendiri mempunyai makna yaitu ” U can make a difference”, terdapat 25 simbol dalam logo unilever yang setiap logonya mempunyai arti masing masing
- burung simbol kebebasan dari rutinitas kerja
- ice cream simbol hiburan, kenikmatan, kesenangan
- Teh: tumbuhan / sari tumbuh-tumbuhan seperti teh, juga menyimbolkan pertumbuhan, pertanian
- Hati: simbol cinta, perhatian/perawatan dan kesehatan
- Pakaian: melambangkan cucian yang bersih dan penampilan yang menarik
- Wadah penyimpan: simbol packaging – botol krim diasosiasikan dengan perawatan tubuh
- Ikan: makanan, laut atau air segar
- Saus/selai: melambangkan pencampuran rasa, penambah
- Tangan: simbol sensitivitas, pemeliharaan dan kebutuhan. Melambangkan kulit dan sentuhan
- Lebah: melambangkan penciptaan, penyerbukan, kerja keras, keragaman makhluk hidup
- Matahari: simbol utama dari vitalitas. Konsep dasar brand Unilever
- Mangkuk: masakan yang mengundang selera. Juga melambangkan makanan siap saji, minuman panas atau sup
- Ombak: menyimbolkan kebersihan, kesegaran dan tenaga.
- Partikel: berhubungan dengan ilmu pengetahuan, gelembung, suara desisan
- Daur ulang: komitmen Unilever dalam menjaga kelangsungan hidup lingkungan
- Kilauan: bersih, kesehatan, berkilau
- Bibir: simbol dunia kecantikan, penampilan yang menarik dan citarasa
- Tanaman: simbol kesegaran, kristal salju: melambangkan pembekuan (pengawetan). Simbol perubahan bentuk
- Cairan: berhubungan dengan air bersih dan kemurnian
- Bumbu dan penyedap rasa: melambangkan rasa pedas atau kandungan makanan yang segar
- Bunga: melambangkan wewangian
- Rambut: simbol kecantikan dan penampilan yang menarik
- Pohon jenis palem/kelapa: sumber alam, juga menyimbolkan taman firdaus
- DNA: double helix, cetak biru kehidupan dan simbol ilmu alam, kunci hidup sehat
- Sendok: simbol nutrisi, citarasa dan memasak
Prefix (huruf depan) perusahaan
Logo : Motorola
Sejarah
logo motorola pertama kali berdiri pada tahun 1928 Paul Galvin. Awalnya perusahaan motorola ini bergerak dibidang pembuatan radio mobil namun seiring berkembangnya zaman perusahaan ini berubah menjadi perusahaan elektroknik yang terkenal didunia.
Desain
Desain motorola berbentuk lingkaran yang didalam lingkaran tersebut terdapat huruf M yang dimana filosofi dari desain logo motorola itu mempunyai makna tersembunyi.
Huruf M pada logo motorola sebenarnya adalah gambar dua buah segitiga yang mempunyai arti sebagai cita-cita yang tinggi dari perusahaan tersebut. Logo M tersebut diambil dari symbol emSigma, dua sudut teratas merupakan symbol dari puncak yang mempunyai makna kemajuan yang keatas. sedangkan lingkaran/cincin yang melingkari huruf M tersebut mempurnyai arti leadeship Minded yang progresi. Dan makna warna biru pada logo tersebut mengartikan warna yang mewakili teknologi
Kombinasi Nama & Prefix
Logo : LG
LG membuat sebuah logo yang cukup menarik, karena anda dapat melihat logo memiliki alfabet, L&G dalam bentuk wajah. Simbol terdiri dari dua elemen : logo LG Grey dan bergaya gambar wajah manusia di Alcatel unik warna merah.
Huruf “L” dan “G” dalam sebuah lingkaran melambangkan dunia, masa depan, pemuda, kemanusiaan, dan teknologi. Simbol juga merupakan upaya LG untuk mempertahankan hubungan dekat dengan pelanggan di seluruh di dunia. Merah, Warna utama, Mewakili keramahan, dan juga memberikan kesan yang kuat dalam komitmen LG yang terbaik.
Desain
Lingkaran melambangkan dunia, bergaya gambar wajah yang tersenyum dalam simbol menyampaikan keramahan dan didekati. Secara keseluruhan, LG mewakili dunia, masa depan, pemuda, kemanusiaan, dan teknologi
Satu Mata
mempunyai arti untuk berorientasi pada tujuan, fokus, percaya diri.
Tangan Kanan-Atas Ruang
Sengaja dibiarkan kosong dan asimetris, agar mewakili LG yang kreativitas dan adaptasi terhadap perubahan.
Warna
Warna utama LG adalah warna merah yang melambangkan keramahan, dan juga memberikan kesan yang kuat. komitmen LG untuk menjadi yang terbaik, Alcatel Grey mewakili teknologi dan kehandalan.
Kombinasi Nama dan Grafik
Logo : PT KAI
dari awal berdiri PT Kai sudah 5(lima) kali melakukan peubahan logo. saat ini logo KAI menggunakan logo yang berbentuk 3(tiga) garis melengkung. dan logo inilah yang akan saya bahas.
- Logo PT KAI terdiri dari 3(tiga) garis melengkung yang melambangkan gerakan dinamis PT KAI dalam mecapai visi dan misinya
- 2 garis berwarna orange melambangkan proses pelayanan prima(kepuasan pelanggan) yang ditunjukan kepada pelanggan internal dan eksternal. anak panah berwarna putih mengartikan nilai integritas yang harus dimiliki oleh PT KAI dalam mewujudkan pelayan yang prima.
- 1 garis melengkung berwarna biru melambangkan semangat inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholder. Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.
Logo ini dilengkapi dengan wordmark baru “kereta api” yang terlihat lebih jelas menggambarkan indentitas dari PT KAI
Implikasi Nama Perusahaan
Logo : KFC
Logo KFC adalah salah satu logo yang paling terkenal didunia. Logo yang identik dengan KFC ini menggambarkan seorang pelayan toko tua yang sedang tersenyum. pada awalnya wajah pria tua ini dibuat lebih serius, namun seiring berjalannya waktu dan melakukan beberapa kali perubahan wajah pria tua atau yang sebenarnya seorang kolonel ini dibuat seperti terlihat ramah. Tulisan “Kentucky Fried Chicken” yang ada pada logo terdahulu disingkat menjadi “KFC”, pada awal 1990-an. Perusahaan ingin menghilangkan konotasi lemak dari kata “Fried (Goreng)”
Gambar logo KFC telah dirombak beberapa kali, dengan fokus pada kesederhanaan dan kejelasan. Versi awal, menampilkan wajah Kolonel , yang diperkenalkan pada tahun 1952. Perusahaan ini memperkenalkan desain ulang pada tahun 1978, dengan sedikit perubahan dari jenis huruf dan penempatannya. Pada tahun 1991, baru ditingkatkan logo diadaptasi menjadi singkatan “KFC”, sebagai upaya untuk menggambarkan sebagai restoran makan “sehat”. Versi logo disederhanakan lagi pada tahun 1997.
Gambar logo KFC yang eksis sampai saat ini diresmikan pada bulan April 2007, dengan Kolonel mengenakan celemek koki merah, yang dulu hanya merupakan jas putih. Ini dirancang oleh lembaga yang mencatat merek berbasis di San Francisco, Tesser. Logo mempertahankan elemen fundamental dari lambang kolonel, termasuk dasi kupu-kupu hitam, kacamata dan jenggot, sambil memperkenalkan skema warna cerah dan wajah yang lebih “ramah”.
Tujuan Perusahaan
Logo : Gunadarma
Universitas Gunadarma merupakan salah satu universitas terbaik diindonesia dan universitas nomer 1(satu) di indonesia menurut beberapa situs yang sudah diakui oleh dunia. Universitas Gunadarma memiliki beberapa cabang di wilayah jakarta, tanggerang, bekasi namun berpusat di daerah depok. gunadarma mempunyai logo yang sangat unik, logonya seperti terdapat sebuah obor dengan api yang menyala di atasnya dan di kelilingi dengan tulisan Universitas Gunadarma di dalam Segi lima.
- makna dari obor yang berdiri tegak itu melambangkan ketugahan hati untuk menyumbangkan dharma bakti kepada nusa dan bangsa.
- Cawan obor yang lebar dan melengkung adalah wadah dari ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam
- Kobaran Api yang kuning keemasan menunjukan semangat juang yang tak pernah padam dalam menuntut ilmu dan menyumbangkannya kepada masyarakat
- Bentuk lingkaran yang berwarna ungu adalah suatu bentuk geometris yang memberi ciri pada ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan
- Bingkai segi lima menyatakan bahwa universitas gunadarma berazaskan pada pancasila
Sumber:
http://www.gunadarma.ac.id/en/page/arti-dan-lambang-universitas-gunadarma.html
http://kereta-api.info/transformasi-dan-makna-logo-pt-kereta-api-indonesia-3493.htm
https://halutination.files.wordpress.com/2010/02/lg-fix1.docx
http://ariefabian.blogspot.co.id/2012/02/arti-dari-logo-motorola.html
Posted on October 7, 2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.
Leave a comment
Comments 0